Text
PENGARUH PERENCANAAN PENGAJARAN, MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TENAGA PENDIDIK TERHADAP MUTU PENDIDIKAN (Studi kasus pada tenaga pendidik di SD, SMP dan SMA Rehoboth Bandung)
ABSTRAK
Tesis ini disusun oleh: Yunus Agung Kristanto, NPM: L220150012, dengan judul:
“Pengaruh Perencanaan Pengajaran, Motivasi dan Komunikasi Tenaga Pendidik Terhadap
Mutu Pendidikan”. Penyusunan karya ilmiah ini didampingi oleh Prof, Dr, Drs. H. Soeganda
P. M.M, sebagai pembimbing utama dan Budhie Satriawan. S.E, M.M, sebagai pembimbing
dua.
Penelitian ini dilakukan dengan sasaran utama mutu pendidikan yang ada di sekolah
Rehoboth. Adapun landasan teori yang dipakai sebagai bahan acuan dalam penelitian ini,
ialah teori motivasi, teori komunikasi dan juga pendapat dari para ahli berkaitan dengan
perencanaan pengajaran. Dengan menggunakan metode penelitian regresi linier untuk melihat
seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh beberapa faktor, seperti perencanaan
pengajaran terhadap mutu pendidikan, motivasi terhadap mutu pendidikan dan komunikasi
tenaga pendidik terhadap mutu pendidikan, serta seberapa besar pengaruh dari perencanaan
pengajaran, motivasi, komunikasi tenaga pendidik secara bersamaan terhadap mutu
pendidikan di sekolah. Hasil yang diperoleh dari penelitian, perencanaan pengajaran,
Motivasi dan Komunikasi memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap mutu pendidikan,
jika dilakukan satu per satu, dengan kata lain, perencanaan pengajaran sangat berpengaruh
positif terhadap kemajuan mutu pendidikan, motivasi seorang tenaga pendidik juga memiliki
pengaruh yang sangat baik terhadap mutu pendidikan, serta komunikasi juga memegang
peran dalam upaya peningkatan mutu. Namun ketika ketiganya dilakukan secara bersamaan,
tetap memiliki pengaruh terhadap mutu pendidikan tetapi kurang optimal. Kata kunci dalam
penelitian ini: “Perencanaan Pengajaran, Motivasi, Komunikasi dan Mutu pendidikan”.
P0000115 | L220150012 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain