Text
KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKAT HAK ATAS TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KOTA BANDUNG
ABSTRAK
KUALITAS PELAYANAN SERTIFIKAT HAK ATAS TANAH
DI KANTOR PERTANAHAN
KOTA BANDUNG
Pendaftaran tanah menghasilkan sertifikat yang merupakan tanda bukti kepemilikan suatu bidang tanah. Sertifikat memiliki arti penting sebagai tanda bukti kepemilikan suatu bidang tanah. Masalah yang dihadapi oleh kantor Pertanahan Kota Bandung dalam memberikan pelayanan sertifikat hak atas tanah, yaitu masyarakat masih beranggapan bahwa pelayanan dibidang pertanahan masih terlalu sulit dan berbelit-belit dalam prosedur kelengkapan berkas, lama waktu pemrosesan serta biaya yang tinggi. Pemilik sertifikat tanah memiliki hak sebagai pemegang tanah yang dijamin undang-undang sehingga perlu adanya pelayanan yang optimal dari pemerintah melalui Kantor Pertanahan Kota Bandung.
Teori yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Parasuraman & Bery (1990: 26) dimana kualitas pelayanan publik didasarkan pada indikator-indikator tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi non partisipan dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah aparatur Kantor Pertanahan Kota Bandung dan masyarakat yang melakukan pendaftaran tanah dengan menggunakan teknik Purposive.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Kantor Pertanahan Kota Bandung dalam melaksanakan pelayanan sertifikat ha katas tanah sudah cukup optimal. Hal tersebut terlihat dari dimensi-dimensi kualitas pelayanan yang sudah terlaksana cukup baik. Dilihat dari segi tangible Kantor Pertanahan Kota Bandung sudah mengoptimalkan sarana dan prasarana dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat. Dilihat dari segi keandalan, aparat pelayanan sudah cukup andal. Respon aparat terhadap keluhan sudah cukupp baik pula. Kantor Pertanahan Kota Bandung memberikan assurance atau jaminan bagi pemohon pelayanan sertifikat tanah serta adanya empaty dari aparat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
P00001100 | L230150048 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain