Repository Pascasarjana

Universitas Langlangbuana

  • Beranda
  • Informasi
  • News
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IMPLEMENTASI PROGRAM PENGADUAN MASYARAKAT PADA INSPEKTORAT PROVINSI JAWA BARAT

Text

IMPLEMENTASI PROGRAM PENGADUAN MASYARAKAT PADA INSPEKTORAT PROVINSI JAWA BARAT

Dini Tresnawati - Personal Name;

IMPLEMENTASI PROGRAM PENGADUAN MASYARAKAT PADA INSPEKTORAT PROVINSI JAWA BARAT
ABSTRAK

Inspektorat Provinsi Jawa Barat merupakan institusi pengawasan internal di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, memiliki peran penting guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan baik dengan mempertimbangkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk mencapainya Inspektorat Provinsi Jawa Barat memiliki program pengaduan masyarakat dan pembinaan berupa kegiatan Penanganan Kasus Pengaduan Masyarakat. Namun kondisi penanganan pengaduan atau manajemen pengaduan belum berjalan secara optimal dan dianggap belum efektif. Sebagian besar masyarakat belum memahami bahwa dalam pelayanan publik terdapat hak masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau masukan atas pelayanan yang diterima
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana implementasi program pengaduan masyarakat pada Inspektorat Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara. Key informant dalam penelitian ini adalah Inspektur pada Inspektorat Provinsi Jawa Barat, Aparat Pengawas Intern Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Masyarakat. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada praktiknya dapat disimpulkan sudah optimal. Hal ini dikarenakan sudah ada koordinasi dan persamaan persepsi mengenai standar pelayanan dan prosedur dalam mekanisme pengelolaan pengaduan masyarakat. Akan tetapi, disisi lain pengelolaannya masih harus ada perbaikan, karena masih banyak kasus pengaduan yang belum terselesaikan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program pengaduan masyarakat di Inspektorat Provinsi Jawa Barat yaitu Organisasi, Komunikasi, dan aplikasi/pelaksanaan. Faktor utama pendukung organisasi dalam hal program pengaduan masyarakat adalah sumber daya manusia. Komunikasi yang dijalankan dalam program pengaduan masyarakat ini yaitu komunikasi aparat inspektorat dengan auditor inspektorat, aparat inspektorat dengan kementrian/ instansi/ kab/kota, dan aparat inspektorat dengan masyarakat. Aplikasi/pelaksanaan program pengaduan masyarakat dapat berjalan dengan baik dengan adanya SOP mekanisme penanganan aduan.

Kata Kunci: Implementasi Program Pengaduan, Masyarakat, Inspektorat


Ketersediaan
P00001101L230160026My LibraryTersedia
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
L230160026
Penerbit
: ., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Tesis
Subyek
Magister Ilmu Pemerintahan
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dini Tresnawati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • BAB I
  • BAB V - Daftar Pustaka
Komentar

You must be logged in to post a comment

Repository Pascasarjana
  • Beranda
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

Repository Skripsi merupakan repository institusi Pascasarjana Universitas Langlangbuana untuk menerbitkan skripsi mahasiswa. Skripsi yang diterbitkan berasal dari program pascasarjanathis link

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject


© 2025 — Pascasarjana

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search