Text
PENGARUH PEMBINAAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung)
Abstrak
Ihsanudin, Dede. 2017. “Pengaruh Pembinaan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung).”. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Soeganda Priyatna, M.M, (II) Dr. Ani Yunaningsih, SE, M.Si
Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 39 ayat 1 dinyatakan bahwa, guru adalah tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Profesi yang diemban harus dikembangkan dan dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.
Kinerja guru dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya, beberapa faktor diantaranya adalah Pembinaan dan Kompetensi yang menjadi standar utama dalam menunjang kinerja guru dalam mendidik murid-muridnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Pembinaan guru dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung.
Dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk dapat mengetauhi pengaruh variabel independen terhadap dependen. Hasil dari penelitian menunjukkan Pembinaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Kinerja, Kompetensi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja, dan secara bersamaan Pembinaan dan Kompetensi memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru.
Kata Kunci: Pembinaan, Kompetensi, Kinerja, Guru, Analisis Jalur.
P000012 | L220150028 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain